-->

Kefamenanu Eksplore Liburan Anda Saat Di Pulau Timor Nusa Tenggara Timur

Kota Kefamenanu adalah  ibukota Kabupaten Timor Tengah Utara, bagi sebagian orang mungkin jarang mendengar nama kota ini. Kota ini memiliki beberapa kekhasan seperti  adat, budaya termasuk bagi pecinta kuliner Nusantara didaerah ini ada makanan yang tentunya harus dicicipi saat berkunjung ke kota Kefamenanu.

Untuk menuju Kota Kefamenanu dari Kota Kupang dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar empat jam dengan kondisi jalan aspal yang mulus, berkelok-kelok dan sedikit mendaki, sebagian besar kanan - kiri jalan  berbatasan langsung dengan tebing dan jurang. Dalam perjalanan menuju  Kefamenanu, Anda akan melewati Kabupaten TTS (Soe) sebelum tiba di Kefamenanu.

hotel di kefamenanu

Kota yang biasa disebut dengan sebutan Kefa ini terletak di Lembah Bikomi memiliki sebuah universitas negeri, dimana menjadikan Kefa sebagai kota kedua yang memiliki universitas negeri di Pulau Timor  selain Universitas Nusa Cendana di Kupang.

Beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat traveling di Kefa meliputi :

1. Tanjung bastian,
2. Oeluan,
3. Benkoko
4. Kolam renang Taekas
5. Air terjun Pah Koto,
6. Batu Putih,  pulau yang terbentuk pada saat air laut pasang naik
7. Bukit Puna Sinai
8. Gua Popnam
9. Gua Bitauni
10. Kure di Noemuti 
11. Puncak Tunnoe dengan view yang sangat indah,
12. Pantai Wini

wisata kefamenanu

Macam kesenian dan tradisi  yang dapat dijempai di Kefa seperti :  Manatika semacam olah raga tradisional yaitu adu ketangkasan dan kekuatan kaki dengan saling menendang, Takanab (sastra lisan untuk menyambut tamu), Bonet yaitu sejenis tarian yang pesertanya mencapai puluhan orang, membentuk lingkaran dan saling berpegangan tangan. Sambil menari dengan pola tertentu yang sudah lazim, pesertanya juga menyanyikan sebuah syair.

kota kefamenanu
 
Hal lain yang populer saat Anda traveling di Kefamenanu antara lain :

1. Rumah Makan Padang 2

Rumah Makan Padang 2 berlokasi di Jl. El Tari Kefamenanu Nusa Tenggara Timur. Biasanya saat makan siang atau isitrahata kantor, warung ini ramai dan Penuh pengunjung.

2. Litani Restaurant

Litani Restaurant berlokasi di Jl. Basuki Rachmat Kefamenanu Nusa Tenggara Timur, sebelum makan sebaiknya tanyakan dulu menu apa yang tersedia, lalu pesan.

3. Rumah makan Nusantara

Restauran ini terletak di Jl. El Tari Kefamenanu, Kab. Timor Tengah Nusa Tenggara Timur. Biasanya menu hari Minggu seperti  nasi kuning, nasi pecel dan bubur ayam. 

4. Apotek K 24

Di Kefa Anda dapat menjumpai Apotek K 24 yang berlokasi di Jl. Basuki Rachmat Kefamenanu Nusa Tenggara Timur.



5. Hotel Livero

Nah hotel ini rekomended untuk stay selama di kefa, hotel terbesar di Kota Kefa ini berlokasi di Jl. El Tari Kefamenanu Nusa Tenggara Timur.