Danau Kelimutu Tiga Warna Wajib Dikunjungi Saat Anda Di Kota Ende Pulau Flores, Ini Alasannya !!

Danau Kelimutu merupakan destinasi wisata yang populer di Pulau Flores berlokasi dikawasan Taman Nasional Kelimutu dan secara administrasi masuk dalam wilayah Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. 
 
danau kelimutu ende flores
Tiwu Ata Polo, Tiwu Koo Fai Nuwa Muri , Tiwu Ata Mbupu .
Danau ini marupakan danau kawah dan tergolong unik, dimana satu gunung api ada tiga danau, yang uniknya juga  ketiga danau kawah kelimutu memiliki warna air yang berbeda.  Menurut informasi yang banyak terdapat di kawasan wisata Danau Kelimutu, perubahan warna air danau tersebut sebagai akibat dari transportasi gas yang subakuatis sehingga menghasilkan "ekspresi" kimia yang berbeda di setiap danau.

Pada kawasan Danau Kelimutu yang dikenal juga sebagai danau tiga warna banyak terdapat informasi seperti dijelaskan bahwa danau - danau ini memiliki paparan geotermal dan hidrotermal yang unik dan sejarah khusus perubahan warna yang dikendalikan oleh perubahan kondisi kimia. Selanjutnya dijelaskan Oksigen adalah penentu paling penting untuk perubahan warna danau, ketika air danau kekurangan oksigen , terlihat hijau sebaliknya,ketika banyak oksigen terlihat merah tua sampai hitam. Selain itu , gas alami lain dan juga mineral memainkan peran subordinasi juga. dengan perubahan aktivitas vulkani, oksigen dan aliran gas lainnya berbeda dan warna air bisa berubah. Nah Perubahan visual ini juga digunakan untuk sistem pemantau kelimutu.

Nama Kelimutu ini sebenarnya adalah nama dari gunungnya. Sedangkan danau (Tiwu)  memiliki namanya sendiri-sendiri, yaitu Tiwu Ata Polo (TAP), Tiwu Koo Fai Nuwa Muri (TiN), Tiwu Ata Mbupu (TAM).

 
Tiwu Ata Polo (TAP) adalah kawah dengan kandaungan "asam garam" kategori sedang dan sering berubah warna mungkin diakibatkan oleh perubahan oksidasi air danau. TAP memiliki aktivitas kategori sedang dibandingkan danau kelimutu lainnnya.



Tiwu Koo Fai Nuwa Muri (TiN) adalah kawah dengan kadar asam rendah serta mengandung senyawa Sulfur yang eksotis. Mungkin , sidemenTiN  adalah mineral yang kaya tembaga. Dari tiga danau kelimutu.

Tiwu Ata Mbupu (TAM) adalah kawah "asam Sulfat"  namun kadar gasnya seringkali rendah.

Menurut kepercayaan kearifan penduduk lokal setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti seperti Danau Tiwu Muri Koo Fai Nuwa Muri yang berwarna biru  merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Cara Menuju Danau Kelimutu

Untuk menuju Kabupaten Ende Flores NTT, bila Anda dari luar pulau Flores, semisal dari Bali dan Kupang banyak tersedia Maskapai seperti Wings Air, Kalstar,  Garuda Indonesia dan  NAM Air yang dapat dipergunakan untuk sampai Di Bandara H. Hasan Aroeboesman Kota Ende.

Setiba di Ende, perjalanan bisa  dilanjutkan menuju dengan menggunakan angkutan umum berupa mini bus sebaiknya sewa mobil menuju daerah moni yang berada di kaki gunung di Kawasan Taman Nasional Kelimutu  yang berjarak kurang lebih 60 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Atau bisa juga istirahat dan menginap terlebih dahulu di Kota Ende.

Bila Anda menginap di Kota Ende, waktu terbaik mengunjungi Danau Kelimutu, adalah berangkat dari kota Ende  pada dini hari sekitar pukul 03.30 WITA agar setibanya bisa menyaksikan matahari terbit. Suasana saat matahari mulai menampakkan sinarnya membuat pemandangan wisata Danau Kelimutu tampak menawan.



Memasuki gerbang Kawasan Taman Nasional Kelimutu, diharuskan membayar tiket masuk,dari pintu depan masih lanjut naik mobil sekitar 15 menit sampai ke tempat parkir sebagai  starting point untuk berjalan/ trekking menuju Danau Kelimutu.

Starting point meunuju puncak Gunung Kelimutu

Dari parkiran ini, semua wisatawan harus berjalan sekitar 2 km (sekitar 20 menit) menuju puncak gunung untuk melihat keindahan Danau Kelimutu. Jalur / jalan menuju puncak gunuung sudah ditatata dengan baik dengan handrail pengaman di sekitar danau, beberapa saung untuk istirahat, dan toilet yang tersedia.




Disepanjang jalur tracking  terdapat rambu - rambu berbentuk unik dan menarik perhatian yang memuat informasi  penjelasan-penjelasan mengenai Area Wisata Danau Kelimutu yang memberi informasi tambahan ke pengunjung. Begitu pula dibeberapa titik jalur tracking terdapat stan - stan penjual souvenir bagi  pengunjung.



Untuk mengejar waktu sunrise di danau Kelimutu, pastikan anda membawa senter untuk menerangi jalan selama tracking karena penerangan masih kurang disepanjang jalur tracking .

Tangga_Danau Kelumutu

puncak Gunung kelimutu


Sesampai di puncak Gunung Kelimutu, sambil menunggu sunrise, wisatawan dapat menyeruput segelas kopi, teh, atau berbagai minuman hangat lainnya yang dijual untuk menghangatkan diri di pagi hari yang cukup dingin dan udara yang tipis di puncak gunung selepas tracking.

Fajar Pagi Hari DI Danau Kelimutu
Add caption


Saat fajar menyingsing dan cuacanya cerah akan tampak warna khas orange kekuningan mengikuti sang fajar yang mulai menyingsing, sungguh sangat mempesona saat permukaan air danau memantulkan cahaya sang fajar. Nah Selamat menikmati Wisata Yang Menjadi salah satu ikon wisata andalan Pulau Flores.