Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula, Perhatikan Tips No 4

Sebelum berangkat mendaki, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dibawa mengingat biasnaya gunung saat malam-pagi hari cuacanya sangat dingin. Apalagi kalau kalian berencana untuk melihat sunrise.


1. Perencanaan pendakian

Lakukan perencanaan pendakian dengan matang. Pemilihan lokasi, rute pendakian, kondisi cuaca, jumlah pendaki, jangka waktu, akan mempengaruhi perbekalan dan peralatan yang musti dipersiapkan. Jangan lupa untuk mendapatkan ijin resmi dari pihak-pihak terkait.

2. Persiapkan fisik dan mental

Mempersiapkan fisik dan mental seperti dengan melakukan olah raga secara rutin agar badan tidak kaget saat melakukan pendakian.

3. Mempelajari dan harus mengetahui mengenai medan dan rute yang akan dilalui

Penguasaan medan dan rute merupakan sebuah hal yang sangat penting. Paling tidak dalam satu kelompok pendakian gunung musti ada lebih dari satu orang yang benar-benar telah menguasai medan dan mengatahui rute dan jalur pendakian.

4. Mempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar

Perlengkapan hendaknya disesuaikan dengan lokasi, rute, jangka waktu, jumlah pendaki dan kondisi cuaca. Namun beberapa peralatan yang sangat penting diantarany: tas khusus pendaki (carrier), sepatu trekking, jaket, jas hujan, matras, sleeping bag, baju ganti, alat penerangan seperti senter, korek api, tenda, kantong plastik, kompor dan peralatan masak mini, alat komunikasi, tempat air, dan peralatan survival dan obat-obatan.

Jaket tebal, syal, sarung tangan, topi (kalau bisa topi ninja, yang cuma keliatan matanya doang), kaos kaki merupakan barang-barang wajib yang harus dibawa jika kalian mau mendaki gunung. Alangkah lebih baik jika kalian membawa penutup kuping dan longjhon. Cuaca diatas biasanya dingin, terutama malam-pagi hari.

5. Latihan fisik

Latihan fisik seperti jogging akan sangat membantu kalian dalam mendaki . Yaa, itung-itung olahraga juga biar badan kita jadi sehat :) Latian fisik bisa dilakukan 1 bulan sebelum keberangkatan, atau dari jauh-jauh hari lebih bagus lagi.

6. Isi energi sebelum berangkat
Sebelum berangkat , pastikan perut kalian sudah terisi. Apapun alasannya, kalian harus sudah makan terlebih dahulu. Jangan lupa juga membawa air minum karena pas di perjalanan pasti capek dan haus.