-->

Destinasi Wisata BauBau Paling Populer Dan Rekomended, Yuk Simak

Baubau merupakan  kota yang terletak di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara dimana  panorama alamnya indah dan mempesona. Nah di tempat ini Anda dapat menikmati Tempat-tempat Wisata populer dan rekomended saat berlibur.

Lokasi wisata menarik seperti Pantai Nirwana, Pantai Lakeba dengan pemandanganya yang sangat mempesona, Gua Lakasa yang memiliki stalaknit dan stalaktit yang sangat indah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu atau mengunjungi Air Terjun Samparona dengan airnya yang jernih serta pemandangan hijau disekitarnya.

Akses Menuju Kota Baubau, Bisa menggunakan jalur laut dengan menggunakan Kapal PELNI yang menyinggahi Pelabuhan Murhun,  Melalui jalur udara dari Jakarta atau daerah lainnya ke Kendari dengan menggunakan pesawat udara. Selanjutnya menuju Kota Baubau dengan menggunakan perahu cepat (speedboat), bisa juga Melalui jalur udara dari Makassar ke Baubau dengan menggunakan Pesawat udara .

Baik, Langsung aja berikut ini tempat Wisata populer Di Baubau yang rekomended  Anda kunjungi untuk mengisi waktu libur.

1. Pantai Lakeba

Pantai Lakeba juga merupakan Tempat Wisata Menarik lainnya yang ada di Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara. Pantai yang terletak di Kabupaten Buton ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan yang dihiasi oleh pasir putih bersih serta ombaknya yang tenang dengan air lautnya yang jernih.


Di Pantai Lakeba Anda dapat melakukan aktivitas berenang, bermain pasir atu berjemur matahari sambil menikmati hembusan angin pantai yang berhawa sejuk.

Di Pantai Lakeba Anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang tersedia seperti resort dengan arsitektur Rumah Adat Buton, Jet Sky, Banana Boat, Parasailing, Children Play Ground, Restoran dengan live musik dan beberapa fasilitas pendukung lainnya yang tentunya akan memanjakan masa liburan Anda di Pantai Lakeba yang indah ini.

2. Pantai Kolagana

Tempat Wisata lainnya yang cukup menarik untuk Anda kunjungi di Baubau adalah Pantai Kolagana. Pantai ini menawarkan pesona bawah laut yang menghadirkan keanekaragaman mahluk bawah laut yang sangat indah dan menakjubkan seperti terumbu karang, ikan pelagis, lobster dan lain sebagainya.

Tempat ini merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menikmati eksotika kehidupan bawah laut dengan panorama view ocean yang sangat indah. Selain dapat melakukan aktivitas penyelaman, di Pantai Kolagana Anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berenang, snorkeling atau memancing.

3. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana adalah salah satu tempat wisata menarik di Bau-bau yang patut Anda kunjungi. Pantai yang terletak di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Bau-bau, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara ini memiliki pasir pantai berwarna putih bersih dan lembut, dengan air lautnya yang memiliki tiga kombinasi warna yakni putih, biru kehijauan dan biru muda dengan ombaknya yang tenang tanpa karang sangat cocok buat Anda yang ingin menikmati suasana pantai untuk melakukan aktivitas berenang maupun diving.




Pantai ini juga dilengkapi dengan gazebo dan kedai makanan dan minuman yang akan memberikan kepuasan tersendiri untuk berwisata bersama keluarga, teman atau pasangan. Sederetan angin yang sejuk serta deretan pohon kelapa yang ada di bibir pantai semakin menambah pesona pantai ini.

Selain memancing, Anda dapat pula menikmati olehraga menyelam, berenang, volley pantai serta aktivitas pemotretan keindahan bawah laut oleh para wisatawan mancanegara.

Pantai Nirwana juga memiliki beberapa spot untuk Anda menyaksikan keindahan sunrise sekaligus sunset. Memang keindahan bawah laut dan atas laut Pantai Nirwana ini sangat menakjubkan untuk di nikmati.

4. Pantai Sulaa

Pantai Sulaa merupakan Tempat Wisata Pantai yang cukup menarik di Baubau yang patut Anda kunjungi. Birunya laut serta keindahan panorama pantainya yang begitu indah akan membuat Anda merasa nyaman dan tenang  berlibur ke pantai yang satu ini bersama keluarga atau rekan Anda.

Dengan kondisi pantainya yang tenang sangat memungkinkan untuk melakukan aktivitas memancing atau snorkeling di pantai yang indah alami ini.

5. Pantai Kamali

Pantai Kamali merupakan Tempat Wisata Menarik dan menjadi Andalan Wisata kota Baubau. Pantai ini berada di tengah kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Karena letaknya yang sangat mudah dijankau, Pantai Kamali selalu banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Selain memiliki pemandangan pantai yang indah dan mempesona, Di Pantai Kamali juga terdapat Patung Kepala Naga yang merupakan Maskot Kota Baubau. Patung yang dibangun pada tahun 2007 merupakan simbol kekuatan, kegigihan dan kejayaan Kerajaan Buton yang pernah berkuasa dan memiliki kecerdasan seperti Naga.


Suasana pantai akan semakin hidup pada malam hari. Di pantai ini juga sering diselenggarakan event-event penting. Fasilitas Hotspot dan tempat bermain anakpun tersedia di pantai ini. 

6. Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton merupakan salah satu Tempat Wisata Bersejarah di kota Baubau. Benteng ini merupakan bekas ibukota Kerajaan Buton yang memiliki bentuk arsitektur yang cukup unik. Benteng yang terbuat dari batu kapur ini berbentuk lingkaran dengan panjang keliling 2.740 meter pernah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Guinnes Book Record pada tahun 2006 sebagai Benteng Terluas Di Dunia dengan luas sekitar 23.375 hektar.


Benteng yang terletak diatas bukit ini selain menyajikan banyak peninggalan bersejarah, Anda juga dapat menikmati pemandangan kota Baubau dari atas bukit. 

7. Masjid Kuba

Sepintas tempat ini terlihat bukan seperti masjid pada umumnya. Namun jangan salah, masjid yang terlihat seperti bangunan rumah biasa ini merupakan Masjid Tertua Di Baubau yang di bangun pada tahun 1826 dimasa Sultan Buton XXIX berkuasa yakni Sultan Muhammad Idrus Kaimuddin.

Di sekeliling Masjid Kuba banyak terdapat makam yang salah satunya adalah Makam Sultan Buton XXIX. Masjid yang terletak di kelurahan Baadia, kecamatan Murhum ini patut untuk Anda kunjungi jika Anda ingin berwisata religi di kota Baubau.

8. Cagar Alam Wakonti

Tempat Wisata Menarik lainnya yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Baubau adalah Objek Hutan Lindung yang berada di kawasan Wakonti yang hanya berjarak 6 kilometer dari pusat kota Baubau. Di tempat ini selain memiliki panorama alam yang sangat indah dan alami juga terdapat tempat penelitian berbagai pohon langka dan Anggrek Liar serta Hewan Langka seperti Kuskus, Kera, Berbagai jenis burung, Kakatua dan juga Kupu-kupu.

Di Cagar Alam Wakonti Anda juga dapat menemukan Pohon Langka yaitu Pohon Loreng yang warna pohonnya sama persis dengan seragam tentara.

9. Pemandian Alam Bungi

Pemandian Alam Bungi adalah salah satu Tempat Wisata Alam Menarik yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke kota Baubau. Sebenarnya tempat ini merupakan tempat warga sekitar melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sungai. Namun lama-kelamaan banyak warga tetangga desa lainnya berkunjung ke Tempat Pemandian Alam Bungi untuk merasakan kesegaran airnya yang bening. Pada hari libur dan menjelang sore hari banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk merasakan segarnya air sungai serta mengunjungi Air Terjun Tirta Rimba yang jaraknya saling berdekatan.

10. Bukit Kalampa

Bukit Kalampa merupakan Tempat Wisata Alam yang sangat indah dan mempesona yang terletak di Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari atau berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Baubau. Tempat ini merupakan tempat wisata alam dengan panorama perbukitan dengan benteng kecil diatas bukit yang menyajikan pemandangan alam yang indah dan mempesona dengan udaranya yang sejuk.

11. Air Terjun Samparona
Air Terjun Samparona juga merupakan salah satu Tempat Wisata Menarik lainnya yang patut Anda Kunjungi saat berwisata ke Kota Baubau. Tempat ini merupakan Objek Wisata Minat Khusus dengan suasana hutan yang masih terjaga keasriannya. Tempat Wisata yang terletak di Kecamatan Sorawolio atau berjarak 13 kilometer sebelah timur dari Kota Baubau. 

12. Air Terjun Lagawuna

Air Terjun Lagawuna merupakan Tempat Wisata Menarik lainnya yang terletak di Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Sorawolio atau berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat Kota Baubau. Tempat ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat dan dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 4 kilometer untuk dapat sampai ke Tempat Wisata Air Terjun Lagawuna.

Keindahan alam serta kicauan burung akan membuat Anda nyaman untuk berakhir pekan bersama keluarga.

13. Gua Lakasa
Gua Lakasa merupakan tempat wisata alam yang cukup menarik yang terletak sekitar 9 kilometer dari kota Baubau. Gua ini merupakan Tempat Wisata Minat Khusus dengan kondisinya yang sangat terjal dan penuh tantangan. Gua yang memiliki kedalaman hingga 120 meter terdapat mata air yang mengkristal dan banyak ornamen di dalamnya seperti stalaknit dan stalaktit yang sangat indah dan menakjubkan yang telah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu.

14. Gua Kaisabu

Gua Kaisabu merupakan Gua Karst yang terlihat pada dinding-dindingnya. Untuk mencapai mulut gua harus memanjat dinding tebing yang cukup terjal yang merupakan tantangan tersendiri buat Anda yang ingin mengunjungi keindahan Gua Kaisabu. Namun kelelahan akan terobati apabila Anda sudah masuk ke dalam gua yang penuh dengan pahatan dan ornamen cantik lainnya hasil buatan alam sejak beribu-ribu tahun yang lalu.

Gua yang sangat indah untuk dinikmati ini terletak di Kelurahan Kaisabu, Kecamatan Sorawolio atau berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Baubau.

15. Batu Poaro

Batu Poaro merupakan salah satu Tempat Wisata Religi Di Bau-bau yang patut Anda kunjungi selanjutnya. Menurut kisahnya batu ini merupakan petanda hilangnya penyiar agama Islam di Buton yang bernama Syech Abdul Wahid di pesisir Pantai Buton.

Dinamakan Batu Poaro karena oleh masyarakat Buton menyebutkan bahwa Syech Abdul Wahid "Apoaromo te Opuna" yang artinya ia telah berhadapan dengan Tuhannya dan batu ini dianggap sebagai makam belaiu.

Objek wisata Batu Poaro ini terletak di kelurahan Wameo, Kecamatan Murhum atau berjarak 2 kilometer dari pusat kota Bau-bau.

16.  Pantai Topa 

Topa adalah sebuah kampung antara Pantai Nirwana dan Pantai Lakeba. Tempat ini berada di dekat Bandara Betoambari, Kota Baubau. Para masyarakat setempat menyebut tempat yang baru saja rampung ini dengan sebutan Pantai Topa. Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan laut dan juga tentunya berenang.


17. Bukit Wantiro

Bukit wantiro di resmikan sekitar 4tahun yang lalu oleh wali kota baubau, ketika di adakan festival perairan di puma(pulau makasar), dari bukit wantiro ini kita dapat menyaksikan panorama kota baubau seolah-olah kita berada di seberang pulau, kerana lokasi bukit wantiro ini memang sangat strategis untuk lokasi rekreasi di akhir pekan. di malam hari pun bukit wantiro ini tidak kalah indah, dengan di hiasi lampu taman yang cukup terang makin menambah keindahan kawasan ini.