Top Ad 728x90

Thursday, January 4, 2018

Kerennya Blue Fire Kawah Ijen Saat Dini Hari

Kawah Ijen merupakan sebuah danau kawah yang berada di puncak Gunung Ijen. Danau ini  dikenal sebagai Danau Air Asam Terbesar Di Dunia dan berlokasi area wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Hal yang unik di kawah Ijen yaitu adanya fenomena  Blue Fire atau Api Biru, setiap dini hari dari sekitar pukul 02.00 - 05.00 atau sebelum matahari terbit di sekitar kawah akan terlihat fenomena Blue Fire.  Ini tentunya menjadikan pemandangan yang  menakjubkan, Nah ternyata fenomena blue fire ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu di Islandia dan di Ijen.

kawahijen
source image
Selain itu dari Kawah Ijen Anda dapat melihat pemandangan gunung lainnya yang ada di kompleks Pegunungan Ijen diantaranya adalah Puncak Gunung Merapi yang berada di sebelah timur dari Kawah Ijen Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante dan lain sebagainya.

Lokasi Kawah Ijen tepatnya di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan klobang, Kabupaten Bondowoso. Kawah ijen terlatak di Gunung ijen dimana merupakan gunung merapi yang masih aktif dengan ketinggian 2.443Mdpl tentunya untuk bisa mencapai kawah ijen harus dilakukukan pendakian. Nah untuk mendaki, ada beberapa jalur yang bisa ditempuh yaitu melalui dua jalur dari Banyuwangi dan Bondowoso.

source image
Detil arah menuju Kawah Ijen

Dari Pelabuhan Kota Banyuwangi  maupun bandara  anda menggunakan kendaraan menuju Desa Banyusari, Kecamatan Licin, saat menumpuh perjalanan jika ragu  anda bisa menggunakan google maps, atau tanya warga, untuk papan penunjuk arah  cukup lengkap dan mudah ditemukan hingga  menuju pos PHPA Paltuding tempat dimulainya  pendakian menuju puncak kawah ijen.

Sedangkan jalur lain, anda bisa melalui jalur pendakian dari Bondowoso, jalur ini biasanya  banyak digunakan bagi pengunjung yang datang dari arah barat, Surabaya, Malang dan sekitarnya. Rute yang dilalui Wonosari-Tapen-Sempol-Pos Paltuding.

Dimulai dari Pos Paltuding, pendakian anda akan di mulai dengan jarak tempuh kurang lebih  3 km, selama pendakian selain jalan yang menanjak,  medan yang akan dilalui berpasir dan ini tentunnya menguras tenaga para pendaki, namun rasa lelah saat mendaki akan terbayarkan ketika sudah tiba di puncak dan Kawah Ijen dengan rasa puas menyaksikan hamparan indahnya kawasan Kawah Ijen. 

Keindahan yang mengagumkan ini membuat kawasan ini selalu banyak wisatawan dalam maupun luar negeri datang berkunjung. Dari atas puncak pengunjung akan disambut dengan pemandangan cantik  kawah yang berwarna hijau tosca yang dikelilingi tebing indah yang membuat siapa saja memandang terpana.

blue fire kawah ijen
source images
Selain itu yang membuat Kawa Ijen berbeda dengan tempat wisata lainnya yaitu adanya fenomena alam Blue Fire (api biru), Jadi jangan sampai terlewatkan fenomena unik Blue Fire yang hanya ada di dua tempat di dunia. 

source image

0 komentar:

Post a Comment

Top Ad 728x90