Naik Kereta Rel Listrik Commuter Tuh Ternyata Keren, Ini Nih Cara Naik KRL, Cara Beli Dan Isi Tiket KRL Commuter

Kereta Commuter Indonesia (KCI) biasa disebut juga dengan  Kereta Rel Listrik (KRL) ini sebagai bentuk modernisasi dari KRL, Nah kali ini berbagi pengalaman KRL Commuter Line dari Stasiun Pondok Ranji ke Stasiun Manggarai.

Cara Naik KRL Commuter line
Suasana dalam KRL commuter line

Saat pertama kali naik KRL tentunya kebayang dan terkadang menjadi was was, takut , dan bingung, mikir harus naik kereta yang mana  maupun cara pembelian tiketnya. Anda jangan pernah malu atau sungkan untuk bertanya kepada petugas yang ada di area stasiun karena pasti dilayani dengan ramah.

cara beli tiket KRL commuter
Antri Beli Tiket KRL Cuummter line
Cara Beli Tiket KRL Commuter 

Begitu sampai di Stasiun Pondok Ranji, lansung ambil posisi antri di tempat penjualan tiket, yang antri lumayan panjang, sesaat kemudian tiba didepan loket lalu membeli tiket untuk sampai tujuan akhir di Stasiun Manggarai. Untuk tarif sampai di stasiun manggarai seharga Rp3000, karena baru pertama kali maka harus membayar menjadi sebesar Rp13.000 karena tambahan Rp10.000 untuk membayar kartu (card) elektronik yang nantinya digunakan sebagai tiket elektronik naik KRL, nah tiket elektronik ini nantinya dapat di isi ulang atau dikembalikan lagi ke loket tiket untuk ditukar kembali dengan uang yang pernah dikeluarkan untuk jaminan kartu elektornik tersebut.
cara beli tiket KRL commuter
Tiket (card) elektronik KRL Commuter
Cara Isi Ulang Kartu (Card) Tiket Elektronik KRL Commuter

Sebaliknya bagi yang sudah punya card tiket elektronik tinggal mengisi ulang atau mengaktivasi ulang "tap" di mesin box  (commuter vending machine) yang tersedia di semua stasiun pemberhentian KRL. Caranyapun  mudah, mirip cara kerja mesin ATM setoran tunai, tinggal masukan kartu, kemudian dimonitor mesin akan tampak beberapa pilihan salah satunya menu isi ulang.

cara beli tiket KRL commuter
Mesin isi Ulang (TopUp) saldo Kartu (Card) Elektronik KRL

Jika Anda hendak isi ulang, pilihlah menu isi ulang lalu masukan uang kertas pecahan sesuai harga tiket ke tempat tujuan. Saran sebaiknya masukan uang kertas nominal maksimal Rp20.000 dan Rp50.000, nantinya pun kalau harga tiketnya dibawah nilai uang yang dimasukan akan mengembalikan sisa uang Anda,  lengkaonya begini cara isi ulang commuter line mandiri di commuter vending machine
  1. Silahkan masukan kartu tiket commuter line kamu di posisi paling kanan.
  2. Tap atau klik menu isi ulang  jika ingin refund atau ambil jaminan silahkan tap yang bawah.
  3. Misal  tujuanya arah ke Manggarai maka memilih Stasiun Manggarai sebagai tujuan.
  4. Masukan uang kamu pada kotak yang disediakan seperti ketika memasukan tiket.
  5. Lihat pada layar monitor apakah sudah benar stasiun tujuan atau belum jika benar silahkan tap Proses.
  6. Tunggu sampai proses isi ulang THB kamu selesai, proses ini tidak memakan waktu lama jadi setelah selesai silahkan ambil tiket commuter line kamu.
  7. Nah karena kamu  memasukan uang kertas sebesar Rp.5000 maka akan dikembalikan Rp.2000 sesuai berdasar tarif tujuan adalah Rp.3000 dan ambil disebelah kiri di kotak untuk ambil uang kembalian.
  8. Uang kertas yang dipakai sebisa mungkin jangan yang lusuh/lecek karena akan ditolak oleh mesin, maka itu persiapakan uang kertas yang masih kencang/lurus atau yang masih baru. Pembayaran tiket di Commuter Vending Machine bisa dlakukan dengan uang kertas dan  kamu harus memperhatikan nominalnya seperti uang kertas dengan harga  tiket dibawah Rp.20.000 maksukan uang kertas maksimal Rp. 20.000 atau Rp.50.000.

Saat perjalananpun telah tiba, tiket dalam bentuk kartu elektronik telah dipegang,, untuk tujuan ke Stasiun Manggarai kereta dari stasiun pondok Ranji harus transit di stasiun tanah bang, untuk itu sesuai petunjuk pada papan info dan petugas yang ada harus antri kereta di pelintasan (rel) kereta nomor 3. Untuk menuju peron rel pelintasan kereta nomor 3 harus menyebrang melalui tangga yang berada di basement stasiun.
 
cara naik KRL commuter
Tangga Lorong basement untuk menyeberang antar peron
Setelah menunggu beberapa saat di peron pelintasan rel nomor 3, tibalah kereta yang dinanti, para penumpangpun mulai menaiki kereta yang berhenti gak sampai 5 menit sepertinya untuk melanjutkan ke stasiun berikutnya yang ada dalam jalur menuju stasiun tanah abang.

Dalam sepanjang perjalanan penumpang tampak penuh, mungkin ini sepertinya trasnportasi angkutan massal seperti KRL commuter mulai  banyak digemari oleh masyarakat kota sebagai alat transportasi cepat dan murah.

cara naik KRL commuter
Suasana dalam Gerbong KRL

Selanjutnya kereta melaju  dengan kecepatan sedang namun tidak pelan, suasana dalam kereta lumayan nyaman, ruangan ber AC jadi suasannya tetap adem walaupun penuh dengan penumpang. tidak pengab. Dalam kereta banyak terdapat informasi yang terpampang mulai dari rute KRL dan informasi lainnya yang menarik  disajikan di papan informasi maupun monitor tv yang cukup informatif. Dan yang menarik pada kereta commuter line ini disediakan gerbong khusus penumpang wanita.

KRL berhenti disetiap stasiun sepanjang rute yang dilewati, setiap pemberhentian di stasiun tidak lebih dari 5 menit, untuk itu penumpang harus cekatan turun dan naik, karena kereta berhentinya tidak begitu lama.

Setelah dua stasiun dilalui yaitu stasiun kebayoran dan palmerah maka tibalah kereta di stasiun tanah abang. Sampai disini bagi yang akan melanjutkan perjalanan ke stasiun yang tidak sejalur akan turun untuk transit berganti kereta.

cara naik KRL commuter
Stasiun Tanah Abang

Suasana di stasiun tanah abang sangat ramai dan sibuk, penumpang ada yang naik dan ada yang turun lalu  menuju peron pelintasan rel lainnya untuk ganti kereta menuju KRL arah lainya. Nah untuk menuju stasiun manggarai harus menuju peron pelintasan nomor 3 waktu itu, maka penumpangpun turun dan menuju peron tersebut. Untuk menuju berbagai peron pelintasan disediakan tangga eskalator dan tangga biasa untuk naik dan turun.

cara naik KRL commuter
Stasiun Tanah Abang

Setelah menunggu tidak begitu lama, KRL menuju Stasiun Manggarai tiba, penumpang naik dengan serentak,ambil bagian di gerbong masing - masing dan tampak hampir semua gerbong penuh dengan penumpang ada yang duduk dan berdiri, beberapa kali terdengar himbauan agar mengutamakan penumpang wanita, lanjut usia dan anak - anak  untuk diberi kesempatan duduk di kursi KRL.

cara naik KRL commuter
Stasiun Manggarai

Keretapun melaju menuju stasiun manggarai, sebelum tiba di Stasiun Manggarai kereta berhenti di dua stasiun yaitu Stasiun Karet dan Stasiun Sudirman, nah tiba lah di Stasiun Manggarai, selama perjalanan mulai  dari Stasiun Pondok Ranji hingga Stasiun Manggarai tidak lah makan waktu yg lama, kurang lebih sekitar 50 menitan, nah apabila dibandingkan dengan memakai angkutan pribadi di jalan raya umum, bisa kebayang lamanya belum lagi terkena macet arus kendaraan yang ramai dan padat.

Tips untuk Anda yang pertama kali akan menggunakan angkutan KRL, yaitu:
  • Tentukan Stasiun Tujuan Anda
  • Pastikan Anda Membeli Tiket Sesuai Stasiun Tujuan Anda
  • Pastikan Anda mengetahui jenis KRL yang akan Anda naiki karena setiap kereta memiliki jalur / rute yang berbeda.
  • Pastikan “Tap” Tiket Saat Masuk Maupun Keluar Stasiun

Saran - saran naik KRL :

Jagalah Kebersihan DiriGunakan baju yang bersih, mandilah sebelum bepergian, dan gunakan deodoran jangan sampai bau badan Anda mengganggu penumpang lainnya.

Gunakan Alas Kaki Yang NyamanKarena Anda kemungkinan besar akan berdiri, gunakanlah alas kaki yang nyaman. Sebaiknya hindari high heel 


Gunakan MaskerPerhatikan Barang Bawaan AndaTindakan kriminal dapat terjadi kapan dan dimana saja, oleh karena itu tampilah sederhana dan usahakan barang bawaan Anda ada dalam pengawasan Anda. Hati-hati juga bila Anda menaruh barang di rak di atas tempat duduk, jangan sampai terlupa dibawa saat turun.
Patuhi Peraturan Yang Ada Di KeretaAgar naik kereta KRL dapat aman dan nyaman sebaiknya patuhi saja peraturan yang telah ditetapkan, seperti tidak makan dan minum, tidak membawa barang berbahaya, dan lainnya

Peta Rute KRL Commuter


Let's traveler naik Kereta Rel Listrik Commuter, sudah keren, cepat, aman dan murah ongkosnya.