10 Tempat Wisata Keren Di Lumajang Yang Wajib dikunjungi Saat Anda Berlibur, Lets Go Traveling

Lumajang adalah sebuah Kabupaten yang ada di  Provinsi Jawa Timur, Indonesia, ternyata banyak memliki potensi wisata yang menarik. Berapa diantaranya yang rekomended untuk dikunjungi seperti  wisata pantainya yaitu Pantai Watu Gedeg dan Pantai Tlepuk, dan juga tempast wisata lainnya seperti Wisata Budaya dan Sejarah, Wisata Danau, Wisata Pendakian Gunung Semeru, dan beberapa tempat wisata baru  yang banyak tersebar di Lumajang.

Nah berikut ini 10 Tempat keren yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Lumajang.

1. Pantai Watu Gedeg


Yang pertama tempat Wisata keren di Lumajang yang wajib untuk dikunjungi adalah Menikmati Keindahan Pantai Watu Gedeg di Kecamatan Tempursari, yaitu yang berada disebelah selatan kota Lumajang. Pantai yang berbatasan lansung dengan Samudra Hindia ini sungguh mempesona hamparan laut biru dengan kemilau pasirnya serta tebingnya yang menjulang tinggi disepanjang garis pantai. Hembusan angin dan deburan ombak akan membuat Anda nyaman dan tenang saat Anda berlibur ke pantai yang indah ini.

2. Pantai Tlepuk
Tempat lainnya disebelah selatan daerah Lumajang yaitu  Pantai Tlepuk juga merupakan Tempat Wisata keren yang wajib untuk Anda kunjungi. Akses untuk menuju pantai ini sudah tersedia jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Pantai Tlepuk berada pada jarak sekitar 31 km dari pusat Kota Lumajang. Lokasinya berada di tepi jalan lintas selatan.


Selain bersantai, kegiatan yang menyenangkan di kawasan wisata ini adalah bermain air, voli pantai, dan memancing. Areal rawa yang berlokasi di sekitar pantai adalah tempat yang tepat untuk memancing ikan.

3. Danau Ranu Kumbolo
Danau Ranu Kumbolo ini sidah banyak  dikunjungi wisatawan mancanegara dan nusantara. Danau indah ini biasanya digunakan sebagai tempat istirahat  para pendaki yang akan menuju Puncak Semeru. Selain keindahan alamnya yang masih alami serta udaranya yang dingin, Di sekitar Danau Ranu Kumbolo juga menyediakan area camping ground bagi wisatawan.


Danau Ranu kumbolo ini terletak di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru,
Danaunya masih alami banget lho! terus kalau kamu camping di sini, kamu bisa merasakan betapa segarnya udara dari ketinggian 3.676 mdpl. Saat matahari terbit, penampilan DanauRanukumbolo pun makin cantik dan dijamin akan membuatmu sulit mengalihkan pandangan mata.

4. Danau Segitiga Ranu Klakah
Segitiga Ranu Klakah merupakan tempat yang keren. Daerahnya sangat alami alami dengan panorama alamnya yang indah terletak pada ketinggian 7000 mdpl dengan luas Ranu (danau) 25 ha. Selain Anda dapat menikmati keindahan alamnya yang sangat mempesona, dikawasan ini Anda juga dapat melakukan aktivitas dengan bermain speed boat, kano, jet sky, perahu angsa, rakit bambu tradisional, memancing, pasar ikan air tawar, kuliner ikan bakar, aula serba guna, penginapan dan area olahraga. nah lokasinya berada di Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso ini

5. Danau Ranu Regulo
Danau Ranu Regulo ini letaknya berdekatan dengan Danau Ranu Pane. Di tempat wisata ini juga memiliki panorama alam yang indah serta udara yang dingin.
 

Di sini juga terdapat area camping ground bagi wisatawan sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam serta kesejukan udaranya.

6. Danau Ranu Pane
Danau Ranu Pane juga merupakan salah satu Tempat Wisata Menarik Di Lumajang yang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata berupa danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan memesona dengan udaranya yang dingin.


Danau ini terletak di lereng Gunung Semeru serta berada pada kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara untuk dijadikan homestay sebelum menuju Puncak Semeru yang banyak dikunjungi oleh pecinta alam.

7. Taman Bumi Gunung Lemongan
Kabupaten Lumajang juga memiliki gunung vulkanis lain selain Gunung Semeru yaitu Gunung Lemongan. Gunung ini merupakan gunung berapi  terletak di Kecamatan Klakah ini memiliki tiga danau dibawah kakinya yaitu Danau Ranu Klakah, Danau Ranu Pakis dan Danau Ranu Bedali. Gunung Lemongan merupakan satu-satunya Geopark yang ada di Kabupaten Lumajang.


Gunung Lemongan juga terbuka untuk umum yang ingin menaklukan ketinggian gunung. Selain itu gunung ini juga berbasis konservasi terhadap alam dengan jalur pendakian yang aman.

8. Puncak B29
Puncak B29 adalah puncak tertinggi di lautan pasir Bromo dengan ketinggian sekitar 2.900 mdpl, Tempat ini terletak di sisi tenggara dari Gunung Bromo dengan pemandangannya yang indah serta udaranya yang dingin.


Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro atau berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Lumajang ini dapat Anda capai dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan jalan yang sudah di aspal.

9. Wisata Budaya Lumajang
Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang berbudaya yang memiliki lebih dari satu budaya. Di Lumajang juga terdapat Cultural Heritage berupa Pabrik Gula Djatiroto  yang merupakan warisan pusaka budaya zaman kolonial. Di tempat ini terdapat benda-benda bernilai sejarah peninggalan zaman kolonial Belanda seperti lokomotif, dreksin dan rumah panggung yang berusia lebih dari 100 tahun.

Selain itu di Lumajang juga terdapat Monumen Regentschap Loemajang yang bangunanya mirip seperti candi. Anda dapat mengunjungi tempat ini di sebelah utara dari Alun-alun kota Lumajang.
Selain kedua tempat diatas, Anda juga bisa menjelajahi Tempat Wisata Menarik Di Lumajang lainnya berupa Jembatan Gladak Perak yang menghubungkan jalan di sebelah timur dan tenggara Gunung Semeru. Pada masa perang kemerdekaan di tahun 1947, jembatan ini pernah di ledakan dengan dinamit oleh Zeni Pioner hingga badan jembatan ini putus. Namun setelah usai perang kemerdekaan Jembatan Gladak Perak dibangun kembali pada tahun 1951-1952.

Di Kabupaten Lumajang, Anda juga dapat mengunjungi Monumen Peta yang dibangun untuk mengenang Pasukan Peta Di Lumajang. Di tempat inilah dahulu para Tentara Peta dikumpulkan dan secara tidak resmi dibubarkan oleh Jepang pada 16 Agustus 1945. Monumen yang terletak di depan Pasar Patok Pasirian, Dusun Condro, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang merupakan awal dari terbentuknya pasukan BKR.

Wisata Budaya Kota Lumajang yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah Monumen Joeang Tugu Proklamasi atau Monumen Semprong (karena bentuknya seperti semprong lampu minyak tanah). Tempat ini didirikan menjelang Pemilu Pertama tahun 1955 dan tidak diberi cat warna apapun. Monumen ini dapat Anda temukan ditengah-tengah kota Lumajang yaitu dipertigaan alun alun utara Jalan S. Parman, Desa Rogotrunan, Kecamatan Lumajang.

Selain itu Anda juga dapat mengunjungi Wisata Budaya Di Lumajang lainnya seperti Monumen Peta di dusun Rowobujel, Desa Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang, Monumen Kyai Kapten Ilyas yang terletak di Dusun Binayar Waru, Desa Banjar Waru Kecamatan Lumajang, Monumen Serangan Umum Pasirian dan juga Monumen Kompi Slamet Wardoyo, Monumen Bom, Monumen Juang Polri, Monumen Lautan Api, Monumen Merah Putih, Monumen Bambu Runcing, Monumen Letnan Satu Soekertijo, Monumen Kapten Suwandak, Pabrik Teh Kertowono, Masjid Bunder, Situs Tegal Randu dan lain sebagainya.

10. Kawasan Wisata Baru Di Lumajang

Selain dapat menikmati keindahan pantai dan alam, Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Lumajang lainnya yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Lumajang adalah ke Tempat Wisata Buatan Kabupaten Lumajang. Anda dapat menikmati wisata Pemandian Alam Selokambang dengan mata air yang alami. Tempat pemandian ini sering dijadikan tempat terapi untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

Selain dapat mengujungi Pemandian Alam Selokambang, Anda juga dapat mengunjungi Waterpark Kawasan Wonorejo Terpadu (Waterpark KWT) yang terletak di dekat Museum Daerah Lumajang.


Nah itulah 10 Tempat Keren Yang wajib  kunjungi Saat Anda berada di Dikabupaten Lumajang Lets'Traveler Go traveling To Lumajang.