Pantai Nambung Lombok Barat Keren Dengan Pasir Putih Dan Air Terjun Asinnyaa


Traveler,  sudah taukah keberadaan Pantai Nambung,  Lokasi pantai ini berada di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). tepatnya berada di dusun Pengantap, desa Buwun Emas, kecamatan Sekotong.  Untuk menujh Lokasi Pantai Nambung,  Anda bisa melalui dua rute yaitu dari sekotong dan selong belanak. Jika Anda dari kota Mataram maka waktu yang ditempuh sekitar  2 jam perjalanan dengan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. 


Dari pertigaan Sekotong-Gili Nanggu-Teluk Sepi menuju ke pantai nambung masih sekitar 20km.  Jalannya sudah beraspal halus. Sesampainya di kawasan wisata pantai nambung langsung hamparan pasir putih,  saat memijakan kaki dipasir dan melangkah akan terasa butiran butiran pasir putih sebesar merica, namun anda harus  berhati hati saat melewati daerah bebatuan karena jika tidak berhati-hati di khawatirkan bisa mengenai kaki kita.

Dengan alternatif lainnya untuk sampai ke air tejun tersebut, bisa dengan menumpang perahu penduduk sambil menikmati sekeliling pantai nambung. 


Hal yang unik di Pantai Nambung selain hamparan pasir putihnya di pantai yaitu terdapat air terjun asin. Banyak ornag menyebut air terkun asin sejatinya Air terjun itu aslinya berasal dari deburan ombak yang kencang menerjang dan melewati bebatuan sehingga air yang menerpa batuan tersebut seakan menjadi pondasi dari air terjun yang diberi nama Tanjung Jagog.

Untuk dapat menikmati air terjen tersebut  hanya perlu bersabar menanti deburan ombak yang keras tersebut. Sambil menunggu ombak tersebut datang kita bisa juga melihat langsung jejeran rumput laut di sepanjang bibir pantai, karena pantai nambung Lombok ini juga menjadi tempat budidaya rumput laut sebagai mata pencaharian warga sekitar selain menjadi nelayan.


Lets Traveler,  jalan ke Pantai Nambung untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa ini. Bagi yang ingin ke Pantai nambung,  berikut ini ada tips Tips bagi yang mau ke Pantai Nambung :

  1. Untuk dapat menyaksikan air terjun asin datanglah saat bulan Omvak besar sekutar bulan januari - April karena  kondisi air laut di Pantai Nambung sedang besar ombaknya saat siang hari, Namun saat kondisi ini jangan terlalu memaksakan untuk jalan kaki menuju kesana kalau tidak mau terjebak ombak. Air laut mulai surut dan bersahabat setelah jam setengah 3 sore, jadi bisa dengan aman berjalan menuju Tanjung Jagog/Air Terjun Asin tersebut. 
  2. Perjalanan menuju Tanjung Jagog lumayan menguras keringat, jadi bawalah air minum yang cukup ya, tapi jangan lupa botol kosong air minumnya dibawa pulang lagi, jangan ditinggal di lokasi.
  3. Sepertinya wajib bawa kamera, tapi berhubung di lokasi itu ombaknya besar, hati hati jangan sampai kamera basah kena guyuran air laut. 
  4. Perlu diingat, jangan terlalu dekat ke tempat jatuhnya air terjun itu, sangat sangat berbahaya, terkadang air ombak yang datang tak dapat diduga besarnya.   
  5. Ingat Janganlah buang sampah sembarangan atau meninggalkan bungkus makanan dan minuman di tempat.

Tunggu apalagi segera explore lombok island,  Lets traveling to lombok islad