-->

10 Uniknya Danau Poso Yang Mempesona Dan Rekomended Untuk Dikunjungi

Treveler Liburku tentu sudah tau bahwa banyak tempat wisata unik yang ada di Indonesia,  seperti salah satunya tujuan wisata yang memiliki keunikan tersendiri dan tentunya juga  menjadi salah satu  destinasi wisata unggulan di Kabupaten Poso,  Sulawesi Tengah yaitu Danau Poso.


Danau yang berada di Kota Tentena ini sangat cocok bagi Anda untuk melepaskan kepenatan dan rutinitas sehari - sehari  karena  suasana disekitar danau poso sangat tenang dengan pemandangan asri dan udara segar.


Danau Poso  ini terletak sekitar 283 km dari Palu tepatnya sekitar 56 km dari Poso.  Nah ternyata Danau Poso ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia  setelah Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Singkarak di Sumatera Barat.  Kerennya Danau Poso menyajikan keunikan tersendiri untuk liburan Anda. Seperti apa sih uniknya Danau Poso? Berikut ini hal -  hal unik Danau Poso yang menarik untuk dikunjungi.
  1. Danau Poso memiliki pasir berwarna putih dan  kuning keemasan,  seperti yang biasa anda ketahui  umumnya pasir putih dapat Anda jumpai di tepian pantai. Namun kali ini, Anda bisa menjumpai pasir putih di pinggir sebuah danau. Hamparan pasir yang terdapat di tepi danau terdiri dari 2 warna, yaitu putih dan kuning keemasan.
  2. Gelombang airnya mirip seperti di laut. Perhatikan bagaimana air danaunya berwarna hijau di pinggir dan di tengah berwarna biru. 
  3. Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Singkarak di Sumatera Barat
  4. Danau Poso juga merupakan salah satu danau terdalam dan terindah di Indonesia. Danau ini berada di ketinggian sekitar 657 meter di atas permukaan laut dan membentang dari utara ke selatan seluas kurang lebih 32ribu Ha dengan kedalaman mencapai 510 meter.
  5. Air danaunya sangat jernih sepanjang masa meskipun saat musim hujan tidak membuat airnya menjadi keruh.
  6. Di Danau ini hidup  ikan sidat (sogili) yang terbesar di dunia. 
  7. Di beberapa tempat, Anda bisa menjumpai sekumpulan batu-batu besar yang muncul dari dalam danau, seakan seperti sebuah kompleks batu yang terapung. Masyarakat setempat menamai kompleks batu tersebut dengan sebutan Watu Ngonggi dan Watu Asa Mpangasa Angga. Watu Ngonggi adalah sekumpulan batu-batu yang bisa mengeluarkan bunyi jika dipukul. 
  8. Di sekitar danau ini, Anda juga bisa menemukan beberapa gua. Gua-gua tersebut cukup dalam, bahkan ada gua yang kedalamannya sampai ke dasar danau.
  9. Kawasan sekitar Danau Poso ini menjadi tempat pelestarian tanaman anggrek terbesar di Indonesia terutama anggrek hitamnya. 
  10. Di danau ini masyarakat setempat kadang melihat cahaya seperti lampu yang berpindah-pindah. Itu diyakini sebagai mata dari seekor naga penjaga Danau Poso.

So Traveler,  Di Danau Poso  suasananya tidak jauh berbeda seperti di pantai-pantai tepi laut. Di sekitar tepian danau, pada perairan yang dangkal Anda tidak akan menemukan batu karang di dasar perairan. Sehingga sangat aman bagi Anda untuk bermain-main di perairan dangkal. Kaki Anda tidak akan sakit atau perih karena di dasarnya tidak ada batu karang.


Menariknya lagi tempat wisata ini merupakan kawasan ini dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh, Saat musim berbunga sekitar bulan Juli hingga November,  aroma cengkeh yang khas semerbak di sana.

Saat libur disini, banyak aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan di tempat wisata danau poso ini  seperti  berenang, bersampan, berkeliling, berjalan-jalan santai di seputar danau atau pergi ke perkampungan masyarakat. Yang hobi hiking juga bisa berjalan - jalan disekitar gunung yang ada di sekitar danau.


Pecinta kuliner pun di kawasan wisata ini bisa nyobain makanan yang yaitu ikan sogili bakar atau belut air tawar. Bumbu yang digunakan adalah rica-rica atau dabu-dabu dengan perasan jeruk nipis, tomat dan bawang merah. Untuk menikmati sajian khas ini hampir di setiap warung makan tersedia yang ada  di sekitar Danau Poso.

Traveler yang akan bermalam,  dikawasan ini  juga banyak tersedia  hotel dengan tarif yang sangat terjangkau. Lets Traveler, Go traveling to Poso Lake.