-->

18 Tempat Wisata Di Alor Yang Wajib Dikunjungi Saat Anda Liburan Di NTT

Alor merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur,  Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang rekomended dikunjungi dalam agenda liburan Anda. Ada banyak objek wisata di Kabupaten Alor yang rekomended untuk dikunjungi seperti  air panas Tuti Adagae, Museum Seribu Moko, Kampung Tradisional Takpala, Pantai Maimol serta taman laut di Pulau Pantar.

Nah,  Berikut ini tempat wisata di Kabupaten Alor yang wajib dikunjungi saat Anda berlibur di Nusa Tenggara Timur.

1. Taman Laut Pulau Pantar

Destinasi wisata taman laut di Pulau Pantar ini memiliki alam laut yang mempesona.

menurut beberapa penilaian para wisatawan yang sudah berkunjung taman laut pulau pantar tidak kalah mempesonanya  dengan Wakatobi di Sulawesi Tenggara ataupun Raja Ampat di Papua Barat.

2. Pulau Kepa

Pulau yang terletak 12 kilometer dari pusat Kota Kalabahi ini memiliki berbagai panorama yang begitu indah. Pulau Kepa masih jauh dari jangkauan modernitas.


Tak hanya itu, penduduk di pulau ini juga dikatakan masih sangat sedikit. Namun, banyak turis mancanegara yang tertarik berkunjung ke pulau ini.

3. Pantai Ling'al

Pantai ini terletak di Desa Halerman, Alor Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai keindahannya, kamu harus menaiki perahu dengan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.
Jika tak suka perjalanan laut, kamu bisa menggunakan jalur darat. Namun, akan memakan waktu 5 jam. Meski cukup lama, panorama pantai ini dijamin tak akan mengecewakanmu.

4. Pantai Maimol

Pantai Maimol yang eksotik ini terletak di Desa Kabola, sekitar 8 km dari Kota Kalabahi, memiliki keindahan alam tersendiri, dengan pasir putih dan air yang jernih.  Maimol sendiri merupakan kawasan kampung nelayan tradisional. Di sini para wisatawan juga dapat  melihat langsung kehidupan nelayan lokal yang kesehariannya mencari ikan dengan menantang laut.

5. Pantai Mali

Pantai Mali terletak di desa kabola kecamatan teluk mutiara,  berjarak kurang lebih  10 KM dari kota kalabahi. Pantai dengan  air yang tenang ini memiliki pasir putih dan taman wisata alam laut yang indah dikelilingi rimbunan pohon kelapa. Yang menarik di pantai mali,  sebelum memasuki Pantai Mali, akan  terlihat  pemandangan alam hutan yang mempesona dengan rimbunan pohon kenari dan cendana yang indah.

6. Pantai Batu Putih

Pantai ini terletak di Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor. Hamparan pasir putih dan suara deburan ombak yang lembut bakal memanjakan mata dan telingamu.

Terdapat pula bebatuan yang turut memperindah pantai ini. Biasanya banyak wisatawan berkunjung ke pantai ini pada akhir pekan.

7. Museum Seribu Moko

Museum Seribu Moko terletak di Jalan Diponegoro Kota Kalabahi,  Moko merupakan Nekara dimana di zaman dahulu Nekara ini digunakan sebagai mas kawin bagi wanita Alor yang hendak menikah selain itu Berbagai Koleksi lainnya yang bisa dilihat seperti  berbagai senjata tradisional, foto para raja, pakaian adat dan berbagai benda lainnya yang menunjukkan kayanya kebudayaan Alor.

8. Air Panas Tuti Adagae

Air Panas Tuti Adagae memilik bentuk yang unik tidak seperti sumber air panas kebanyakan lainnya,  keluar dari dari onggokan batu berwarna jingga (orange) setinggi berkisar 20cm, menyembur ke atas membentuk air mancur.


Semburan air panas ada yang cukup tinggi dengan semburan mencapai lebih dari lima meter. Keunikan ini memberikan pesona bagi siapa pun yang menikmatinya.

9. Gunung Sirung

Gunung Sirung, salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Pulau Pantar. Dari puncak gunung para wisatawan disuguhi pemandangan alam yang indah dengan pulau-pulau kecil dari kejauhan serta menikmati  suasan Sunrise yang keren.

10. Kampung Tradisional Takpala

Kampung tradisional Takpala di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, merupakan tenpat bagi pecinta wisata budaya. Di sini, para wisatawan akan melihat kehidupan masyarakat yang sangat bersahaja,  dengan daya rumah adat suku Abui. Di Kampung Takpala terdapat 12 rumah adat yang ditata dengan sangat rapi sehingga tampak menawan.

11. Kolam Bidadari

Air kolamnya begitu jernih dengan warna hijau yang membuat siapa pun terpesona memandangnya. Lokasinya terletak di Kokar, Kabupaten Alor. Pemandangan hijau di sekitar kolam turut memperindah destinasi wisata ini

12. Air Terjun Mataru

Air terjun ini menjadi yang tertinggi di Alor. Destinasi wisata ini terletak di Desa Legiman, Taman Mataru, Kecamatan Mataru. Warga lokal menyebut air terjun ini dengan nama Beintal.
Panorama air terjun yang mengalir deras ini mampu menghipnotis menjadi lebih tenang. Hanya bisa berdecak kagum atas ciptaan-Nya yang luar biasa cantiknya.

13. Pantai tiga warna Puntaru

Tempat ini sangat cocok untum beristirahat sejenak dari kesibukan rutinitas,  dengan suguhan pasir Tiga Warna Puntaru dengan air yang jernih dan pepohonan hijau di sekitarnya menjadi pemandangan yang menyejukkan mata.

Warna pantai ini,  ada tiga warna dominan yaitu hitam, coklat kemerahan, dan putih transparan seperti butiran gula pasir. Lokasi pantai Puntaru, terletak di  Desa Tude, Pantar Tengah, Alor, Nusa Tenggara Timur.

14. Pantai Deere

Hamparan pasir putih yang lembut dengan deretan pohon kelapa yang menghiasi bibir pantai menyajikan nuansa kehidupan pantai yang begitu kental. Buat kamu pecinta fotografi jangan lewatkan momen sunset di pantai ini. Dari balik pepohonan kamu akan mendapatkan hasil siluet yang begitu epic. Lokasinya di Kalabahi, Kabupaten Alor, NTT.

15. Pantai Sebanjar

Pantai yang berjarak kuranglebih 6 km dari pusat kota alor ini terlerak di kecamatan alor barat.
Saat di pantai ini akan dimenemukan pemandangan pantai yang mempesona, dengan nuansa pantai berpasir dengan warna merah muda menambah indahnya pantai ini,  selain itu pemandangan bawah laut yang rekomended untuk diving maupun snorkeling.  Selain itu untuk bisa menikmati pemandangan bawah laut juga tersedia kapal dengan dasar deck dari kaca yang khusus untuk melihat pemandangan bawah laut. Beberapa fasilitas sudah tersedia seperti resort dan kamar kamar penginapan di lingkungan pantai.


16. Pulau Pura

Pulau Pura berada di Kabupaten Alor, Pulau yang terletak diantara  Pulau Pantar di sebelah timur Pulau Alor di sebelah utara Pulau Retta dan disebelah selatan pulau Tereweng,
Pulai ini  sudah dikenal memiliki keindahan alam yang menpesona yakni pemadangan di gunung Maru dan taman laut yang indah sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan maca negara


17. Pantai Pigewa

Pantai Pigewa merupakan salah satu dari sekian banyak pantai perawan yang terdapat di Kabupaten Alor - Nusa Tenggara Timur.

Pantai ini terletak di Desa Elok, Kecamatan Alor Timur dan bisa ditempuh dengan dua etape perjalanan, yaitu 118 km mengunakan kendaraan bermotor dari pusat kota Kalabahi dan 4 km berjalan kaki menyusuri keindahan pantai lainnya yang terbentang disepanjang jalan menuju Pantai Pigewa.

18. Event Tahunan Expo Alor Dan Karnaval

Setiap tahunnya pemerintah kabupaten Alor selalu mengadakan Expo Alor dan Karnaval,  ini merupakan bagian agenda tetap yang digelar setiap tahun sebagai  salah satu sebagai ajang promosi pariwisata  Kabupaten Alor.




Selain tempat wisata tersebut diatas,  Ada yang unik di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur yakni terdapat sebuah Al Quran yang terbuat dari bahan kulit kayu berusia ratusan tahun masih tersimpan rapi di rumah Nurdin Gogo di Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut  yang tak lain adalah turunan dari Sultan Iang Gogo dan sekarang tempat ini merupakan salah satu tempat destinasi wisata rohani di Alor.


key search :
wisata alor,  tempat wisata  alor, pantai pulau alor, lomba terbang alor, terbang metafisika alor, lombar terbang dunia di alor.