Kerennya Sunrise Di Danau Kelimutu Wajib Dikunjungi Saat Liburan Di Ende Flores NTT

Danau Kelimutu tidak berlebihan dikatakan destinasi wisata paling populer di Pulau Flores,  karena memang memiliki panorama keindahan alam yang begitu mempesona, danau dengan kawah yang tergolong unik ini terdapat tiga kawah danau memiliki warna air yang berbeda setiap kawahnya. (Baca : Cerita Danau Kelimutu 3 Warna).

Nah, saat berlibur di flores wajib rasanya untuk mengunjungi Danau Kelimutu yang berlokasi dikawasan Taman Nasional Kelimutu Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Cara Menuju Danau Kelimutu dari luar pulau Flores, Jika Anda dari Bali dan Kupang banyak tersedia Maskapai seperti Wings Air, Kalstar,  Garuda Indonesia dan  NAM Air yang dapat dipergunakan untuk sampai Di Bandara H. Hasan Aroeboesman Kota Ende.


Setiba di Ende, perjalanan bisa  dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum berupa mini bus, saran terbaik yaitu dengan menyewa mobil  menuju Kawasan Taman Nasional Kelimutu  dengan jarak lebih kurang 60 km yang ditempuh  sekitar 2 jam. Waktu terbaik untuk melihat view kawasan puncak danau kelimutu yaitu di pagi hari, view sunrise dan danau tiga warna yang keren.

Nah untuk melihat keindahan sunrise di puncak danau kelimutu, sebaiknya adan menginap dan berangkat pada dini hari sekitar pukul 03.30 WITA agar setibanya bisa menyaksikan matahari terbit. Suasana saat matahari mulai menampakkan sinarnya membuat pemandangan wisata Danau Kelimutu tampak menawan.

Sesampai di puncak Gunung Kelimutu, sambil menunggu sunrise, wisatawan dapat menyeruput segelas kopi, teh, atau berbagai minuman hangat lainnya yang dijual untuk menghangatkan diri di pagi hari yang cukup dingin dan udara yang tipis di puncak gunung selepas tracking. Dan Saat fajar menyingsing apalagi cuacanya cerah tampak warna khas orange kekuningan mengikuti sang fajar sangat mempesona dipantulkan oleh permukaan air danau.

Beberapa tips, untuk trekking ke Danau Kelimutu agar melihat sunrise berjalan lancar antara lain :
  1. Bawa senter, sangat berguna, dini hari dengan suasana yang masih gelap, senter bisa  untuk menerangi perjalanan Anda menuju puncak 
  2. Gunakan Jaket, Di pagi hari udara biasanya terasa sangat dingin dan berangin di puncak, untuk itu jaket berguna untuk mnejga agar tetap hangat.
  3. Bawa bekal makanan sendiri, walaupun disana Anda akan menjumpai beberapa pedagang yang menawarkan kopi dan teh, tetapi lebih baik membawa bekal makanan ringan dan air minum sendiri.
  4. Bawa topi dan kacamata, ini berguna melindungi pandangan dari silaunya matahari. Karena sinar matahari begitu menyilaukan di sekitar danau. 
Nah berikut ini foto - foto seputaran kawah Danau Kelimutu :