-->

17 Panduan Menerbangkan Drone Bagi Pemula

Drone atau unmanned aerial vehicles (UAV)  saat ini mulai digemari, selain harganya yang sudah terjangkau karena kian murah, untuk mendapatkanpun juga semakin gampang, beli langsung  via online maupun langsung ke toko penjual drone.
Menerbangkan drone quadcopter dapat menjadikan sebuah hobi yang menyenangkan, di Indonesia sendiri telah banyak bermunculan  komunitas penghobi drone yang sudah terbentuk, sebaiknya yang telah membeli dan ingin mahir mengendalikan pesawat dengan empat baling-baling ini, tinggal bergabung dengan komunitas yang ada.

Bentuk drone yang umum banyak dijual dipasar bebas model  quadcopter dengan empat baling - bali. Nah, bagi yang sudah membeli drone, untuk pemula berikut ini cara aman untuk memainkan drone :
  1. Pertama tentunya bacalah buku panduan yang didapat saat membeli drone sampai selesai.
  2. Terbangkan drone jika area yang lapang dan cukup bebas, seperti di tanah kosong kering, lapangan sepak bola dan lainnya
  3. Hindari daerah yang banyak koneksi Wi-Fi karena kemungkinan akan mengganggu sinyal drone.
  4. Perhatikan cuaca sekeliling, jika mendung, sebaiknya jangan menerbangkan drone karena drone sulit melawan angin dan hujan.
  5. Usahakan saat belajar menerbangkan jangan sendirian sebisa mungkin anda mencari teman yang sudah pandai dalam mengendalikan drone.
  6. Setelah itu, sebelum terbang pastikan drone berada di permukaan yang rata.
  7. Mulailah dengan melayang di 5 kaki selama beberapa detik, lalu mengerakan naik dan turun perlahan.
  8. Gerakan ke kiri dan ke kanan secara perlahan, maju dan mundur
  9. kemudian perlahan-lahan meningkatkan lagi 5 kaki hingga stabil.
  10. Jangan pernah terbang lebih tinggi dari 400 kaki di atas tanah.
  11. Terbang di pagi hari adalah waktu terbaik, karena cuaca arus angin cukup rendah, meskipun drone mampu terbang melawan angin saat keadaan deras namun untuk dasar hindari ini
  12. Tidak disarankan terbang malam karena sensor sistem stabilisasi drone tidak berfungsi jika permukaan tanah gelap.
  13. Jika ada peringatan baterai akan habis, segera turunkan drone. Jika drone dipaksa terus terbang, hal ini akan memperpendek umur baterai.
  14. Hati-hati dengan ranting pohon, kabel listrik atau telepon, dan gedung bertingkat.
  15. Oh ya, awas jangan /dilarang memata-matai privasi orang (meski belum jelas diatur di Indonesia), di beberapa daerah pesawat tanpa awak dilarang terbang dengan alasan kamera yang terpasang dapat mengganggu privasi orang lain.
  16. Dilarang juga menerbangkan drone di dekat bandar udara dan area instalasi terlarang lainnya.
  17. Tidak ada salahnya untuk mengetahui peraturan yang dikeluarkan pemerintah terkait menerbangkan drone.
Nah seperti itu hal - hal yang mesti diketahui untuk pemula cara menerbangkan Drone, ingat jangan sampai salah menerbangkan hingga menyebabkan Drone anda kecelakaan dan rusak sebab harga perbaikannya cukup mahal.