Melintas Jalan Tol Bali Mandara Yang Keren Dan Ini Dia 7 Fakta Unik Tol Bali Mandara

Travelers, jika berlibur ke Bali dengan angkutan udara, sesaat sebelum mendarat dari arah timur di landasan pacu Bandara I Gusti Ngurah Rai, jalan tol ini akan tampak sangat indah dan keren dari balik jendela pesawat.
Tol laut Bali Mandara
Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara ini merupakan jalan tol pertama dan hanya ada satu  di Pulau  Bali,  jalan tol ini juga satu-satunya jalan tol pertama yang dibangun diatas laut dan yang unik memiliki jalur khusus sepeda motor.

Untuk bisa melalui jalan tol ini,  sejak Oktober 2017  seluruh Gerbang Tol di Ruas Jalan Tol Bali Mandara dilayani dengan pembayaran non-tunai oleh karena itu bagi travelers yang akan melintas di jalan tol Bali Mandara harus mempunyai kartu (card) elektronik tol. Selanjutnya besaran tarif  Di Tol Bali Mandara dikelompokkan dalam 6 golongan tergantung jenis kendaraan  yaitu:

  • Golongan I = Rp11.500  – seperti kendaraan sedan, jip, pick up, truk kecil dan bus
  • Golongan II = Rp17.500 – seperti truk dengan dua gandar
  • Golongan III = Rp23.500 – seperti Truk dengan tiga gandar
  • Golongan IV = Rp29.500 – seperti truk dengan empat gandar
  • Golongan V = Rp35.000 – seperti truk dengan lima gandar
  • Golongan VI = Rp4.500– yakni kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor
Jalan tol Bali Mandara memiliki ruas jalan sepanjang 12,7 km dan menghubungkan 3 titik  yaitu Ngurah Rai Tuban, Benoa, dan Nusa Dua. Nah, sepertinya tujuan dibangun jalan ini adalah untuk mengurai kemacetan di Bali selatan.




Nah, Ada beberapa hal yang menarik bahkan boleh dibilang unik terkait Jalan Tol Bali Mandara ini, berikut ini fakta unik Tol Bali Mandara seperti : 
  1. Jalan tol Bali Mandara adalah yang pertama ada di Bali.
  2. Tol Bali Mandara juga merupakan Jalan Tol terapung dan atau dibangun diatas laut yang pertama Ada di Indonesia. 
  3. Ternyata sebelumnya bukan bernama Bali Mandara, awalnya, jalan tol ini dikenal dengan tol atas laut Bali. Orang pun ada yang menyebutnya jalan tol Nusa Dua-Nugrah Rai-Benoa karena menghubungkan ketiga daerah tersebut. 
  4. Pembuatannya sangat singkat,  Jalan tol ini mulai dikonstruksi sekitar bulan Maret 2012 dan selesai sekitar bulan Mei 2013. Terhitung cepat untuk pengerjaan tol di atas laut.
  5. Panjang jalan tol di Bali ini hampir sama dengan Penang Bridge di Malaysia yang panjangnya mencapai 13,5 km, atau Union Bridge sepanjang 12,9 km di Kanada.
  6. Pekerjaan membangun Tol ini  100% buatan Indonesia, Kenapa? Karena Konstruksi jalan tol ini dibuat oleh konsorsium BUMN dan BUMD Bali., juga, material dan teknologi seluruhnya merupakan karya anak bangsa. 
  7. Ada jalur sepeda motornya, Ini merupakan jalan di atas laut pertama yang memiliki jalur khusus motor. Motor disediakan jalur khusus sebelah kiri – kanan bahu jalan.
  8. Dipasang CCTV dan alat pemantau angin selama 24 jam, karena dibangun di atas perairan, tol ini riskan terhadap besarnya kecepatan angin. Oleh karena itu, dipasanglah alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa). Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara untuk menghindari resiko kecelakaan. Tak hanya itu, CCTV 24 jam siap memantau pergerakan kendaraan jika sewaktu-waktu ada kendaraan yang mogok.  
Let's Traveler, melintas di Tol Bali Mandara Yang Keren, akan lebih cepat untuk ke tempat wisata yang berada di kawasan Bali Selatan Seperti .