-->

Pesona Unik Danau Tolire Di Ternate, Destinasi Wajib Saat Anda Di Ternate

Ternate, memang sudah tidak diragukan untuk pesona alamnya, salah satu obyek wisata yang menyuguhkan keindahan pemandangan alam yaitu Danau Tolire.  Berkunjung ke Danau Tolire wajib saat Anda liburan di Ternate, sunggu pemandangannya keren, air danau dan pohon-pohon hijau serta bukit di sekitar membuat Danau Tolire terlihat cantik.

Danau Tolire besar ternate

Danau Tolire dikenal masyarakat ada dua yaitu  Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil yang berjarak tidak terlalu jauh. Nah, untuk mengunjungi lokasi Danau Tolire Besar sangatlah mudah, hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Ternate dengan berkendaaraan bermotor.


Danau Tolire besar ternate

Selain keindahan danau dan  panorama Gunung Gamalama, Danau Tolire merupakan habitat terbaik burung - burung di Ternate, kemudian disana juga bakalan dijumpai hal - hal unik seperti : 
  1. Danau Tolire ini terdapat dibawah kaki Gunung Gamalama, yang merupakan gunung api tertinggi di daerah Maluku Utara;
  2. Melempar batu ke danau, bagaimana pun kuatnya lemparan dengan menggunakan batu atau benda lain, tidak akan pernah menyentuh air danau, walaupun saat melempar dari pinggir atas danau, air danau terlihat berada di bawah kaki si pelempar. Bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke danau ini, akan sulit untuk percaya dengan fakta itu;
  3. Danau Tolire Besar ini bentuknya mirip loyang (baskom) raksasa. Dari atas hingga ke permukaan air danau memiliki jarak kurang lebih 50 meter, sementara menurut cerita warga setempat, kedalaman danau hingga kini tidak diketahui karena  belum ada yang pernah mengukur kedalaman danau ini. Namun menurut informasi yang berkembang dimasyarakat kedalamannya berkilo-kilometer dan berhubungan langsung dengan laut; 
  4. Banyak terdapat cerita - cerita  kearifan lokal setempat yang menambah khasanah pesona  unik Danau Tolire Besar;
Berikut ini foto - foto seputar Danau Tolire Besar :

Jalan masuk ke Danau Tolire dan area parkir kendaraan
Jalan masuk ke Danau Tolire dan area parkir kendaraan

Undakan menuju Tepi Danau Tolire


Danau Tolire merupakan habitat terbaik burung - burung di Ternate
Tembok pembatas tepian Danau Tolire



Danau Tolire
Tembok pembatas antara tepi Danau dan  warung - warung penjual makanan di Danau Tolire