-->

Pesona Benteng Tolukko Di Ternate Salah Satu Ikon Wisata Sejarah Di Maluku Utara " Ino Wosa LafoWaro Masajarah "

Ternate berada  di wilayah Indonesia Timur, dahulunya pernah menjadi  jajahan bangsa Portugis dan Belanda, sehingga tidak mengherankan selain  mempunyai wisata alam dan pantai yang mempesona, juga memiliki banyak potensi wisata sejarah  yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk melakukan traveling.

pesona Benteng Tolukko Ternate wisata Sejarah Ternate
Benteng Tolukko (Tolucco)
Salah satu bentuk peninggalan sejarah yang sampai sekarang bisa disaksikan keberadaanya yaitu  benteng - benteng kuno yang tersebar di berbagai sudut pulau, dimana salah satunya  benteng yang terkenal di Ternate adalah Benteng Tolukko. Benteng yang menyimpan banyak cerita sejarah perjalanan Ternate dan sampai saat ini  Benteng ini masih berdiri kokoh.

pesona Benteng Tolukko Ternate wisata Sejarah Ternate liburku.com
"Ino Wosa LafoWaro Masajarah" mari masuk supaya kita tahu sejarahnya
Tertulis di Pintu masuk Ke Area Benteng

Lokasi Benteng Tolukko

Benteng yang dibangun di atas bukit batu ini berada di Kelurahan Sangadji, Ternate, Maluku Utara. Untuk menuju lokasi benteng sangatlah mudah, berjarak kurang lebih 3 km dari pusat Kota Ternate, bisa menggunakan angkutan umum maupun rental kendaraan pribadi.

Benteng Tolukko Ternate wisata Sejarah Ternate


Sejarah Singkat Benteng Tolukko

Seperti yang tertera pada papan informasi pada Benteng Tolukko, Benteng ini merupakan salah satu peninggalan Portugis di Ternate. Tolucco (Fort Hollandia) atau masyarakat menyebutnya Tolukko, benteng ini semula dibangun oleh fransisco Serao (Portugis) pada tahun 1540 kemudian direnovasi oleh Pieter Both (Belanda) pada tahun 1610. benteng ini sering disebut benteng Holandia atau Santo Lucas, terletak dibagian utara pusat Kota Ternate. Pada tahun 1864 kembali benteng ini dipugar oleh Residen P Van Der Crab. Dari data yang didapatkan dalam pemugaran tersebut telah meninggikan benteng 70 cm. Pada tahun 1996 - 1997 dilakukan pemugaran  oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Denah Bangunan Benteng Tolukko
Fort Tolukko Tahun 1903 (sumber foto :  en.wikipedia.org)
Lebih lanjut dijelaskan pada papan informasi, Benteng yang berdiri diatas bukit bebatuan beku terletak di 620 dpl, letaknya menjorok kelaut . Dengan denahnya yang tidak semetris, kemungkinan bahwa benteng ini disesuaikan dengan kondisi bukit yang ada. bentuknya yang cendrung membuat dengan 2 (dua) bastion di depan dan 1 (satu) dibelakang yang mengundang interprestasi tersendiri dan menjadi keunikan yang menjadi ciri khas Portugis.

pesona Benteng Tolukko
Fort Tolukko Tahun 1651 (sumber foto :  en.wikipedia.org)

Bentuk bastion tidak seperti kebanyakan benteng kolonial lainnya, yang umumnya berbentuk anak panah (arrow head), pada Benteng Tolukko bastion berbentuk bulat. Pada dinding sebelah kiri setelah pintu masuk terdapat pahatan lambang yang hingga kini belum diketahui makna pahatan tersebut. Mulai dipugar oleh pemerintah republik Indonesia pada tahun 1996.

Pesona Benteng Tolukko ternate
Bastion Benteng Tolukko di sebelah barat laut

Pesona Daya Tarik Benteng Tolukko
  1. Benteng Tolukko, mempunyai daya tarik dan pesona tersendiri, seperti apa sih? ini dia pesona  Benteng Tolukko  antara lain : 
  2. Bentuk bangunan benteng, dibangun dengan arsitektur luar biasa oleh arsitek dari Portugis. 
  3. Dibangun dari batu karang dan pecahan batu bata dengan campuran kapur serta pasir sebagai perekatnya.
  4. Bentuknya unik tidak simetris, karena mengikuti kontur bukit tempatnya berdiri
  5. Disisi belakang, terdapat panorama keindahan gunung Gamalama yang menaungi pulau-pulau di sekitarnya
  6. Warna-warni hitam benteng yang bergradasi berpadu dengan birunya laut dan langit menjadi paduan panorama yang indah
  7. Di area benteng ini juga ada taman cantik, bersih dan hijau yang memanjakan mata. 

benteng Tolukko ternate
Bekas dudukan balok kayu Situs Cagar Budaya Benteng Tolukko


Pesona Bangunan Benteng Tolukko
 
Saat di Benteng, cobalah menyusuri bangunan benteng melihat keindahan arsitekturnya,  akan tampak keindahan arsitektur aslinya yang tetap terjaga walaupun sudah pernah dipugar.

benteng Tolukko ternate
Pintu Masuk dan Selasar Situs Cagar Budaya Benteng Tolukko

Ada dua batasan yang tersambung dengan Lorong panjang. Batasannya terletak dibagian depan disambungkan dengan Lorong sepanjang 20 meter yang bisa kamu telusuri dalamnya.

Sejarah benteng Tolukko ternate
Pintu menuju ruang bawah tanah/terowongan Situs Cagar Budaya Benteng Tolukko
Di bagian belakang benteng terdapat lubang berbentuk kotak seperti jendela namun tanpa kaca. dari sini anda bisa memantau indahnya lautan dan daratan Tidore dari sana.

benteng Tolukko ternate


benteng Tolukko ternate
Pemandangan lautnya begitu menawan, bergradasi biru berpadu dengan langit yang biru. Terkadang disertai awan putih yang tebal menutupi sebagian puncak gunung Gamalama yang nampak juga dari sana. Pesona Gunung Gamalama yang menjulang dan kadang tertutup kabut, bisa kamu saksikan dari bagian belakang benteng.

benteng Tolukko
Pesona Gunung Gamalama Dari Benteng Tolukko

11 BENTENG PENJAGA PULAU TERNATE

Nah, kini hampir semua area benteng menjadi spot foto (selfie) yang instagramable  berlatar belakang bangunan benteng secara keseluruhan, lorong benteng,bagian bangunan yang lain dan taman yang cantik.

benteng Tolukko ternate
Tampak Pulau Tidore dari Benteng Tolukko