Saat di Puncak Bukit Kursi Serasa Berada di Dunia Lain Dengan Semilir Angin dan Hamparan Bukit Dihiasi Laut Biru

Kabupaten Buleleng terutama dibagian barat biasanya lebih dikenal dengan keberadaan Pulau Menjangan, dimana banyak wisatawan yang datang berkunjung kesana terutama wisatwan yang suka menikmati alam dengan kondisi privasi yang terjaga, selain itu di Buleleng barat banyak terdapat wisata bahari mulai dari snorkeling, diving dan sailing. Saat ini yang lagi mulai hits sebagai tempat untuk berfoto dan dikunjungi di wilayah Buleleng bagian barat yaitu Bukit Batu Kursi.


Bukit Batu Kursi merupakan tempat wisata yang lagi hits dikunjungi yang berlokasi di Desa Pemuteran, berjarak kurang lebih 1,5 jam dari Kota Singaraja dengan menggunakan kendaraan pribadi, Keberadaan tempat wisata bukit kursi  saat ini dikelola oleh Bajar adat  yang berada dilingkungan Desa Pemuteran. Diberi nama Batu Bukit Kursi karena pada bagian puncak   bukit terdapat sebuah pura yang didalamnya terdapat batu berbentuk kursi dengan diameter sekitar 20 meter.

Lokasi tepatnya wisata ini berada dibelakang Pura Mutering jagat atau yang familiar disebut dengan Pura Pumeteran. Untuk mencapai puncak pengunjung harus berjalan kaki menaiki ratus anak tangga sepanjang kurang lebih 800 meter.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke tempat ini diantaranya terdapat tanda bendera kuning dan merah, jika anda saat berjalan di track  menuju puncak terdapat bendera kuning berarti jalur tersebut aman, begitu pula sebaliknya.

Saat diarea ini pengunjung tidak diperkenankan masuk ke Pura yang berada diatas bukit kecuali untuk melakukan persembahyangan.  Secara geografis bukit kursi ini merupakan hamparan bukit hijau dimana dari puncak bukit kursi terlihat laut biru yang mempesona. Selain itu banyak cerita sejarah yang terkait dengan keberadaan bukit kursi dan Pura pemuteran yang dapat kamu ketahui sebagai penambah wawasan.

Untuk dapat memasuki are bukit kursi ini untuk dapat menikmati keindahan panorama setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5000 per pengunjung lokal dan 10.000  bagi  pengunjung dari manca negara.