Benteng Torre Tidore Wisata Sejarah Yang Rekomended Dikunjungi Saat Anda Di Pulau Tidore

Benteng Tore terletak di Kota Soa Sio terletak di atas bukit sekitar kawasan Kedaton Kesultanan Tidore, tepatnya di sekitar makam Kapitalau serta Makam Sultan Zainal Abidin Syah.  Benteng yang merupakan peninggalan bersejarah ini telah mengalami beberapa kali pemugaran karena telah
mengalami kerusakan yang cukup parah.

Benteng Torre Tidore

Menurut Buku Documenta Malucensia  merupakan Benteng Portugis yang terletak di arah utara dari Kota Soa Sio. Benteng ini dibangun atas perintah Sancho de Vasconcelos yang telah  mendapat ijin dari Sultan Gapi Baguna tanggal 6 Januari 1578. Ijin ini didapat setelah Portugis diusir dari Ternate oleh Sultan Baabullah Khairun pad atahun 1570. Kemungkinan besar benteng yang dimaksud adalah benteng Torre ini. Nama Torre kemungkinan berhubungan dengan nama Kapten Portugis pada satitu yaitu Hernando De La Torre.

Benteng Torre Tidore

Sampai di Benteng Torre, Anda harus melewati puluhan anak tangga, jangan khawatir disekitar benteng banyak terdapat peohonan hijau yang rindang jadi membuat  udara sejuk dan segar selama perjalanan menapaki anak tangga. Saat berada di Benteng Torre selain Anda bisa melihat langsung benteng dan mengingat sejarah dari area benteng Anda dapat menyaksikan View Gunung dan Laut biru yang indah, memanjakan mata Anda.
Benteng Torre Tidore


Nah, untuk bisa mencapai ke lokasi Benteng Torre, bagi wisatawan dari luar Tidore  yang hendak melakukan perjalanan wisata ke Tidore jangan khawatir karena sudah tersedia  berbagai macam sarana transportasi seperti  darat,  laut  dan udara. Untuk transportasi udara anda bisa menggunakan pesawat udara melalui Bandara Sultan Babullah di Ternate.

 
Dari Bandara Sultan Baabullah wisatawan bisa menggunakan angkot untuk menuju ke pelabuhan Bastiong Ternate dan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Rum pulau Tidore dengan menggunakan speedboat atau bisa juga menggunakan Kapal Ferry, dari pelabuhan Rum Tidore menuju ke Benteng Torre dapat ditempuh sekitar  30 menit menggunakan bentor (becak motor), oto mikrolet (angkot) dan mobil sewaan.

Baca Juga : Pesona Gurabunga Tidore Kawasan Wisata Spritual Pulau Tidore