Berkunjung Ke Candi Borobudur Wajib Saat Anda Liburan di Yogyakarta Dan Jawa Tengah, Ini Dia Pengalaman Dan Saran Saat Berkunjung

Candi Borobudur merupakan salah satu ikon destinasi Provinsi Jawa Tengah, dan menjadi wajib saat berlibur untuk dikunjungi. Candi bersejarah yang dibangun menggunakan batu-batu vulkanik ini  termasuk warisan budaya dunia. Berikut ini pengalaman perjalanan liburan ke Candi Borobudur.


Cara Berkunjung ke Obyek Wisata Candi Borobudur  Dan Saran - Saran Saat Berkunjung

Jarak tempuh ke Borobudur dari  Yogyakarta kurang lebih satu jam, selain menggunakan kendaraan pribadi, Bisa juga dengan  angkutan umum Bus, taksi maupun sewa kendaraan mobil atau sepeda motor.





Sesampainya di Borobudur, Anda akan memasuki areal  parkir yang luas, terkadang ketika lagi ramainya liburan, Mesti parkir di luar kompleks candi, Nah dari areal tersebut bisa berjalan kaki atau menggunakan Ojek yang banyak tersedia disekitarnya.  Dalam Musim Liburan harus sabar untuk antri membeli tiket.
 

Sepanjang areal sebelum masuk, banyak pedagang cinderamata begitu juga di areal  sekitar kompleks Candi Borobudur, mereka menjajakan hasil kerajinan tangan lokal, seperti hiasan patung, replika Candi Borobudur dan Candi Prambanan, tas batik, kaos oblong, pernak-pernik seperti gelang, kalung, gantungan kunci, jepitan rambut, dan lain sebagainya.


Tiba depan gerbang, langsung ajak menuju loket pembelian tiket masuk, Sebelum kita masuk candi,  kita akan masuk ke pintu pemeriksaan, Setelah itu, cuzz  keliling menuju areal pelataran Candi. Untuk berkeling terdapat kereta mini  berkeliling kompleks Taman Wisata Candi Borobudur selain itu Andong pun mudah dijumpai mulai dari terminal, pasar Borobudur, hingga di dalam kompleks candi untuk berkeliling kawasan candi.

 
Terdapat dua museum yang berlokasi di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, yaitu Museum Karmawibhangga dan Museum Samudraraksa. Museum dibuka setiap hari mulai dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore, dan pengunjung tidak dipungut biaya lagi karena sudah termasuk dalam harga tiket masuk kompleks Taman Wisata Candi Borobudur



Beberapa Saran - saran,  saat hendak menghabiskan liburan Anda di Borobudur :
  1. Kalau Bisa,  berkunjungnya saat event Festival Waisak, yang diadakan setahun sekali di Bulan Mei pada saat bulan purnama, akan banyak memberi pengalaman yang mengesankan.
  2. Sebaiknya Anda, menyewa seorang pemandu wisata resmi untuk menemani kunjungan selama di Borobudur agar mendapatkan informasi yang lengkap.
  3. Jika udara panas dan matahari terik, tidak ada salahnya menyewa payung yang disediakan di depan gerbang masuk kawasan Kompleks Candi Borobudur. Namun sebaiknya Anda juga siap topi dan kacamata UV, serta memakai lotion tabir surya.
  4. Waktu terbaik seperti saat pagi hari, matahari tidak begitu terik dan udara masih terasa segar. 
  5. Untuk berkeliling areal candi dan mendapatkan spot yang menarik tampilan candi sebaiknya, Anda menyewa mobil jenis VW atau andong yang akan mengantar keliling dan langsung ke tempat Kendaraan Anda Parkir.