-->

Liburan Ke Singaraja Buleleng, Jangan Lupa Mampir Disini

Kota Singaraja merupakan kota yang ada di Kabupaten Buleleng dibagian Bali Utara, dimana  wilayah memiliki garis pantai  yang membentang sepanjang  kurang lebih 144 km mulai dari sebelah timur perbatasan karangasem sampai ujung barat perbatasan Jembana.

tempat wisata singaraja

Apalagi daerah yang sejak dahulu sudah ramai juga dikenal luas di Nusantara dan Mancanegara ini dan bahkan kota Singaraja sempat menjadi ibu kota Kepulauan Sunda Kecil dan ibu kota Bali sampai tahun 1958. Kondisi tersebut tentunya menjadikan Singaraja - Buleleng, menarik untuk dikunjungi dan memasukan dalam agenda traveling Anda saat berkunjung ke Bali.

Sebagai panduan traveling/ wisata  Anda yang ingin ke Singaraja Buleleng, berikut ini hal - hal yang menarik untuk diketahui dan dikunjungi saat Anda di Singaraja Buleleng :

1. Berkunjung Ke Eks Pelabuhan Buleleng Yang Melegenda.
Di area eks pelabuhan ini Anda seakan - akan akan dibawa kembali untuk mengingat sejarah dimana tempat ini sempat menjadi pusat ramainya lalu lintas laut dan perkenomian Pulau Bali di zamannya. Ada apa aja sih yang dapat dijumpai di seputaran area eks pelabuhan Buleleng Singaraja ini :
  1. Jembatan Belanda Buleleng
  2. Restauran di atas Dermaga Eks Pelabuhan Buleleng
  3. Kelenteng Ling Gwan Kiong di Eks Pelabuhan Buleleng Singaraja 
  4. Masjid Kuno di Kampung Lebah Singaraja Bali
  5. Ramainya pengunjung Eks Pelabuhan Buleleng Saat Pagi Dan Sore Hari
  6. Malam Hari Yang Penuh Siluet Di Eks Pelabuhan Buleleng
  7. Kuliner kaki lima dengan rasa bintang lima Di Eks Pelabuhan Buleleng
2. Pasar Anyar Kota Singaraja dan sekitarnya
Berlokasi di Jalan Diponegoro dan ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai lapisan, sampai tamu mancanegara pun kadang berjalan - jalan di seputaran pasar ini. Berkunjung di pasar anyar ini Anda bisa menemui juga yang ada di seputarnya seperti  :
  1. Pasar Anyar Pasar Tradisional terbesar di Kota Singaraja
  2. Sate Plecing khas Singaraja di kampung - kampung muslim ya ada di sekitar pasar anyar
  3. Masjid Agung Jami' Singaraja
  4. Warung Nasi Bek Juk yang melegenda 
3. Pantai Penimbangan Tempat Nongkrong Pavorit Kawula Muda Singaraja 
Sepertinya saat ini tempat tongkrongan paling pavorit kawula muda Kota Singaraja adalah di Pantai Pura Penimbangan (PP), hampir setiap hari terutama sore dan malam hari ramai dengan para kawula muda yang berkunjung kesana. Aktifitas yang dilakukan disana.

4. Pantai Lovina Yang Eksotis
Pantai yang berpasir hitam ini memang menarik karena masih relatif alami. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan jernih, sehingga merupakan tempat yang cocok untuk melakukan aktivitas kegiatan di air seperti bermain "Kano", Jet Ski, berlayar dengan Perahu Layar nelayan / sampan, memancing dan lainnya. Ada keunikan lainnya di pantai ini yaitu anda bisa menyaksikan aksi lumba-lumba liar yang terdapat di laut.

5. Krisna Funtastic Land Wahana Baru Singaraja

Kurang lebih ada sekitar 16 wahana permainan di Krisna Funtastic Land,  Lokasinya berada satu lokasi  dengan Krisna 5 tepatnya di Jl Raya Seririt - Singaraja, Desa Temukus Singaraja.Krisna Fantasy Land singaraja Bali.  [Baca Selengkapnya]

6. Alamandaoe Pool WaterPark Silangjana

Alamandaoe Pool terletak di Desa Silangjana Buleleng Bali, sangat cocok sebagai tempat rekreasi  keluarga, tersedia kolam renang dengan menggunakan air alami dari mata air pegunungan sejuk dan terasa segar. Apalagi letaknya di areal persawahan yang terasiring tentunya membuat  Anda betah berlama - lama berenang sambil menikmati  view perbukitan dan sawah terasering yang seakan menyapa Anda saat berenang.

Tempat rekreasi yang nyaman buat keluarga ini terdapat tidak hanya ada fasilitas  kolam renang,  juga terdapat wahana permainan baik untuk anak - anak maupun untuk diperuntukan bagi pengunjung dewasa.  Nah didalam areal Alamandoe Pool tersedia juga warung tempat menjual jajanan dengan harga terjangkau. Berenang lalu sambil menikmati kudapan lezat yang tersedia wow.
[Baca selanjutnya tentang Alamandoe]

7. Air Panas Banyuwedang Permandian Air Panas Alami di Tepi Pantai

Mandi di mata air panas seperti namanya pastinya airnya panas dong. Di Daerah salah satu pemandian air panas yang ada yang ada yaitu mata Air Panas Banyuwedang.

Air Panas Banyuwedang pemandian alami yang  bersumber dari mata air panas yang muncul di pantai dan konon Merupakan sumber air panas terbesar, sehingga oleh pemerintah daerah setempat  dibuatkan beton pengaman dalam bentuk lingkaran yang berfungsi sebagai tanggul, sehingga pada saat air pasang air panas tersebut tidak bercampur dengan air laut. [Baca Info Air Panas Banyuwedang]

8. Puncak Bukit Kursi Dengan Semilir Angin dan Hamparan Bukit Dihiasi Laut Biru 

Bukit Batu Kursi merupakan tempat wisata yang lagi hits dikunjungi yang berlokasi di Desa Pemuteran, berjarak kurang lebih 1,5 jam dari Kota Singaraja dengan menggunakan kendaraan pribadi, Keberadaan tempat wisata bukit kursi  saat ini dikelola oleh Bajar adat  yang berada dilingkungan Desa Pemuteran. Diberi nama Batu Bukit Kursi karena pada bagian puncak   bukit terdapat sebuah pura yang didalamnya terdapat batu berbentuk kursi dengan diameter sekitar 20 meter. [Baca Selanjutnya Puncak Bukit Kursi]

9.  Air Terjun Aling Aling Sambangan Singaraja

Air terjun Aling-aling ini jatuh dari tebing curam dimana disekelilinginya terdapat tebing-tebing tinggi dengan pepohonan yang rimbun. Di bawah air terjun ini terdapat cekungan kolam yang cukup dalam kurang lebih sekitar 4 m dan kolam inipun  dapat digunakan untuk berendam dan berenang. [Baca Selengkapnya]

10. Pesona Air Terjun Sekumpul Yang Bisa Bikin Anda Betah Berlama - Lama 

Tidak terlalu berlebihan  bila Air Terjun Sekumpul ini disebut-sebut sebagai air terjun yang indah, jika Anda  sampai di kawasan ini dari kejauhan sudah disuguhi pemandangan sekumpulan Air terjun dimana di kawasan ini setidaknya ada  tujuh air terjun dengan pesonanya masing - masing. [ Baca Selengkapnya ]

11. Air Sanih Destinasi Paling Populer Dan Legend 

Jika ditanya destinasi untuk menghabiskan liburan atau disaat libur lebaran di Singaraja Buleleng tentulah yang paling populer dan melegenda bagi masyarakat Kota Singaraja adalah Air Sanih atau disebut juga Yeh Sanih. [Baca Selengkapnya]

12. Taman Nasional Bali Barat

Taman  Nasional dengan berbagai jenis flora dan fauna liar, yang beberapa diantaranya  berstatus langka yang sangat dilindungi, berada di ujung barat kabupaten buleleng Info Selanjutnya :
  • Taman Nasional Bali Barat (West Bali National Park)
  • Sightseeing ke Pulau Menjangan Ujung Barat Pulau Bali
  • Snorkeling di Pulau Menjangan