-->

Pengalaman Traveling Ke Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara Dengan Kapal Laut

Menuju Sanana Kabupaten Kepulauan Sula selain dapat menggunakan transportasi udara bisa juga   menggunakan transportasi kapal laut  dengan waktu tempuh jelajah kurang lebih 15 Jam. Sebelum berangkat dari Ternate, Anda harus memastikan jadwal kapal laut di  Pelabuhan Ahmad  Yani Ternate salah satu pelabuhan bongkar muat barang dan penumpang di Kota Ternate.

Ada banyak pilihan kapal laut menuju Sanana, tinggal menyesuaikan dengan hari keberangkatan anda, jadwal kapal dalam seminggu ada sekitar 3 sampai 4 kali kapal yang berangkat rute ke Sanana.

Pelabuhan Sula Sanana
Tampak Gunung Gamalama saat  mulai berangkat dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, berangkat saat sore hari pukul 16.30 WIT.  Diatas kapal tersedia fasilitas seperti  kelas ekonomi dan bisnis. Untuk kelas ekonomi berada di dek bawah dan tengah kapal.

Lorong anjungan kapal


Hanya dengan membayar Rp. 310.000,- /orang  anda akan mendapat fasilitas tempat tidur yang  menyerupai tempat tidur besi bertingkat seperti barak-barak militer. Semua Penumpang laki-laki, perempuan,anak-anak tampak berderet menempati ruang tidur tersebut karena tidak ada sekat  antar penumpang selain jarak antara tempat tidur dan lorong jalan.

Kamar Kelas Bisnis
                                         
Kelas “Bisnis”/ Kamar berada di dek bagian atas, dengan membayar Rp. 310.000,- + Rp. 310.000,-  mendapatkan fasilitas kamar ber- A.C dengan  tempat tidur bertingkat untuk 2 orang dan space yang lebih banyak untuk menyimpan barang bawaan.

Untuk paket makan malam sama dengan fasilitas ekonomi. Selama dalam perjalanan penumpang kapal akan mendapatakan  paket makan malam sederhana (Nasi putih+Sambal+sepotong ikan tuna/cakalang+Air mineral gelas).




                                                        
Selama perjalanan menuju Sanana dengan kapal laut, ada beberapa tips yang mesti diketahui antara lain  :

Jika ingin kamar kelas bisnis terlebih dahulu booking kamar kepada agen kapal yang ada di Pelabuhan A.Yani Ternate maupun langsung ke ABK kapal,sebab  jumlah kamar yang ada terbatas serta berdasarkan pengalaman  permintaan kelas bisnis banyak peminatnya.

Pilihlah lokasi tempat tidur antara bagian tengah dan depan kapal. Terlalu ke belakang Anda akan merasakan getaran dan suara bising mesin kapal, sedangkan terlalu ke depan, jika cuaca kurang bersahabat & laut sedang berombak tinggi anda akan merasakan  ayunan gelombang laut lebih terasa. Gelombang laut yang rada tinggi biasanya pada bulan agustus sampai akhir tahun.

Ruang Tidur Kelas Ekonomi
Bawa perbekalan makanan dan minuman ringan secukupnya, sebab cafe/ kantin di dalam kapal tidak banyak pilihan sesuai selera anda.

Saat Sampai di Pelabuhan Sanana Kepulauan Sula 

Dalam perjalanan kadang kalan saat pagi hari akan tampak sekumpulan  lumba-lumba menghiasi perjalanan, kurang lebih ketika melewati pulau makian & moti.